Selasa, 16 Agustus 2011

Shodaqoh dengan makanan Takjil saat berbuka puasa

Banyak dari kita cenderung berlebihan dalam mempersiapkan makanan dan minuman dalam berbuka puasa. Semua jenis makanan takjil ada di daftar menu makanan unuk berbuka puasa bersama keluarga maupun acara buka puasa bersama teman. Hal ini cenderung terlihat lebih boros, banyak makanan yang ada namun tak mungkin kita menghabiskan semuanya. Pasti kekenyangan saat melaksanakan shalat maghrib sehingga jadi malas untuk shalat. Shalat maghrib jadi kurang khusuk.

Ingatlah ada sebagian dari Umat Islam ada yang kekurangan dalam hidupnya sehingga berbuka puasa dengan seadanya. Bagi Umat Islam jauhilah sikap perilaku boros serta berlebih-lebihan dalam hal makanan, harta dan yang lainnya. Sikap perilaku boros adalah perbuatan setan dan diharamkan. Boros dapat mengurangi jatah kita dalam bershodaqoh. Padahal kita akan mendapatkan banyak manfaat dan pahala dengan shodaqoh.

Marilah kita selalu bersemangat untuk berbagi makanan saat berbuka puasa. Dari pada makanan yang ada di rumah mubazir lebih baik kita manfaatkan untuk berbagi rasa pada sesama manusia. Jika kita memiliki banyak makanan, cobalah tengok tetangga kanan-kiri. Masih adakah yang kekurangan harta, jika ada berilah mereka. Jika tidak ada, coba bungkus makanan itu. Berikanlah kepada masjid karena disana banyak orang yang shalat. Anda dapat memberikan takjil pada tiap orang di sana.

Bersemangatlah untuk memberikan makanan buka puasa kepada sesama manusia. Memberikan takjil kepada orang lain juga merupakan bagian dari rangkaian ibadah di bulan Romadhon yang sesuai dengan Syariat Islam. Memberikan takjil pada orang lain supaya kita mendapatkan pahala sebagaimana pahala orang yang berpuasa. Seperti Hadist Nabi Muhammad, "Barang siapa yang memberikan berbuka puasa Ramadhan, maka ia akab memperoleh pahala sebagaimana orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun.” (HR. at-Tirmidzi, ath-Thabrani dll)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...