Kamis, 11 Agustus 2011

Memperbanyak shodaqoh di bulan ramadhan

Alhamdulillah, kita masih diberi kesempatan Allah untuk dapat menghirup udara di bulan suci ramadhan. Mumpung di bulan ramadhan, marilah kita memperbanyak melakukan amal ibadah. Marilah kita memperbanyak shodaqah di bulan ramadhan, seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad. Rasulullah sebagai manusia paling dermawan di muka bumi ini. Beliau lebih demawan saat di bulan Ramadhan. Rasulullah menjadi lebih pemurah dengan lebih banyak shodaqoh dan kebaikan seperti angin yang berhembus dengan lembut. Nabi Muhammad bersabda, "Shadaqah yang paling utama adalah shadaqah pada bulan Ramadhan." (HR. al-Tirmidzi dari Anas)

Marilah kita memperbanyak amal ibadah, namun ikhlas karena Allah saja tanpa mengharapkan sanjungan dari manusia. Subhanallah, Allah telah memberikan banyak kemudahan dalam menjalan syariat islam. Termasuk kemudahan pada hambanya untuk bershodaqoh dengan banyak cara. Shodaqah tidak harus dengan uang dan harta. Banyak macam shodaqoh yang dapat kita kerjakan di bulan ramadhan ini. Hal ini dapat kita lihat dari Hadist Rasullullah, dari Abu Dzar rodhiallohu ‘anhu dia berkata: Ada sekelompok sahabat Rasulullah melapor, “Wahai Rasulullah orang-orang kaya telah memborong pahala. Mereka sholat sebagaimana kami sholat, mereka berpuasa sebagaimana kami puasa, namun mereka dapat bersedekah dengan kelebihan hartanya.” Beliau bersabda, “Bukankah Alloh telah menjadikan bagi kalian apa-apa yang dapat kalian sedekahkan? Sesungguhnya pada setiap tasbih ada sedekah, pada setiap tahmid ada sedekah dan pada setiap tahlil ada sedekah, menyuruh kebaikan adalah sedekah, melarang kemungkaran adalah sedekah, dan mendatangi istrimu juga sedekah.” Mereka bertanya. “Wahai Rasulullah, apakah jika seseorang memenuhi kebutuhan syahwatnya itu pun mendatangkan pahala?” Beliau bersabda, “Apa pendapatmu, bila ia menempatkan pada tempat yang haram, bukankah ia berdosa? Demikian pula bila ia menempatkan pada tempat yang halal, ia akan mendapatkan pahala”. (HR. Muslim)

Dengan bershodaqoh kita memberikan kebaikan kepada diri sendiri atau kepada orang lain. Dengan demikian shodaqoh memiliki makna yang luas, mencakup seluruh kebaikan dapat berupa perkataan atau perbuatan sehar-hari yang dapat kita kerjakan. Memang dalam Islam kita diberi banyak kemudahan dalam hal beribadah. Tak ada kata sulit dalam ibadah. Mumpung masih di bulan suci ini marilah kita memperbanyak shodaqoh di bulan ramadhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...