Selasa, 23 Agustus 2011

Amal ibadah di penghujung 10 hari terakhir di bulan Ramadhan

Amal ibadah puasa merupakan amal ibadah yang unik karena sifatnya transparant, tidak ada seorang manusiapun yang saling mengetahui apakah dia sedang berpuasa atau tidak. Hanya Allah sendiri yang mengetahhui apakah hambanya berpuasa atau tidak, serta berapa besar pahala yang didapat seseorang hanya Allah yang mengetahuinya. Manusia hanya dapat berlomba-lomba dalam amal ibadah terutama di penghujung 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Allah sendiri yang akan menilainya.

Di penghujung 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, marilah kita perbanyak amal ibadah sunah serta memperbanyak do'a. Terutama memperbanyak do'a di sepertiga malam terakhir. Insya Allah tidak ada hijab do'a seorang hamba pada Allah, asalkan do'a yang baik. Hanya manusia yang sombong yang tidak mau memanfaatkan moment ini untuk berdo'a.

Berdo'a dapat dilakukakan dimana saja di bulan Ramadhan. Karena Allah menyuruh kita memperbanyak do'a di bulan Ramadhan. Diantara ayat 183 sampai dengan 187 di dalam Al-Qur'an surat Al-Baqarah, diantara ayat yang menjelaskan tentang puasa di bulan ramadhan. Ada ayat 186 yang menjelaskan tentang berdo'a. Surat Al-Baqarah ayat 186, yang artinya "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran".

Untuk itulah! berdasarkan ayat diatas, marilah perbanyak berdo'a yang disertai iman dan taqwa pada Allah. Moment ramadhan ini dapat kita manfaatkan dengan banyak berdzikir dan berdo'a. Terutama sebagai amal ibadah pada malam ganjil di bulan Ramadhan. Dengan kita melakukan iktikaf di masjid. Iktikaf yang merupakan rangkian amal ibadah di Ramadhan. Iktikaf dengan cara berdiam diri di masjid dengan melakukan shalat, dzikir dan berdo'a. Iktikaf juga sebagai muhasabah yakni mengkoreksi diri sendiri sendiri untuk memperbaiki diri. Semoga di penghujung 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, kita dapat memperbanyak amal ibadah. Semoga amal ibadah kita di bulan ramadhan di terima Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...