Minggu, 24 Oktober 2010

Ayo melakukan Qurban

Walaupun saat anda membaca tulisan ini belum waktunya untuk melakukan qurban. Namun saya perlu mengingatkan pada semua orang terutama diri saya pribadi, ayo melakukan qurban. Bagi kita perlu adanya persiapan untuk menyambut kedatangan hari raya haji itu, sepertinya perlu jauh-jauh hari untuk diingatkan terus menerus. 

Bukannya ada maksud tertentu, namun suatu nilai yang mengandung makna kebaikan dan kebenaran harus terus kita ingatkan dan kita informasikan pada semua orang. Tak cukup dengan waktu yang mendekati hari H melakukan qurban, namun juga jangka waktu yang lama.

Kita perlu persiapan yang agak lama karena Idul Adha berkaitan dengan persiapan finansial juga. Mungkin diantara kita ada yang belum mampu dan belum siap melakukan qurban. Maka dengan membaca tulisan ini jadi lebih ingat untuk berqurban lalu mempersiapkan finansial lebih awal. Mungkin ada juga yang telah menabung dari setahun yang lalu. Memang ibadah harus diperjuangkan walaupun banyak godaan yang menghadang.

Perlu direnungkan Hadist Rasullullah Muhammad SAW: "Barang siapa memiliki kelapangan keuangan, lalu ia tidak berqurban, maka janganlah ia datang ke tempat shalat kami" (HR. Ahmad). Dari hadist ini dapat dijadikan dalil/dasar syariat islam dalam ibadah melakukan ibadah qurban.

Penegasan Rasullullah tersebut menyiratkan betapa pentingnya ibadah qurban. Ibadah qurban hukumnya sunah muakkad (sunah yang sangat dianjurkan dilakukan) tertama bagi orang yang mampu secara materi. Ada kaitannya orang yang shalat dengan qurban (shadaqoh). Ibadah tidak hanya vertikal pada Allah namun perlu ditunjang dengan ibadah horisontal tehadapsesama manusia.  Dibalik melakukan ibadah qurban banyak pahala dan  hikmah yang patut kita ketahui.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...