Selasa, 06 Juli 2010

Iman Kepada Takdir

Dari Umar bin Al-Khaththab -radhiallahu anhu- dia berkata:
“Tatkala kami tengah duduk-duduk di sisi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, lalu datanglah seorang laki-laki yang bajunya sangat putih, rambutnya sangat hitam, tidak tampak padanya bekas-bekas perjalanan, dan tidak ada seorang pun dari kami yang mengenalnya. Hingga dia mendatangi Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasalam lalu menyandarkan lututnya pada lutut beliau dan meletakkan kedua telapak tangannya pada paha beliau, kemudian dia bertanya, “Wahai Muhammad, kabarkanlah kepadaku tentang Islam?” Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasalam menjawab, “Kamu bersaksi bahwa tidak ada sembahan (yang berhak disembah) selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan puasa Ramadhan, serta haji ke Baitullah jika kamu mampu bepergian kepadanya.” Dia berkata, “Kamu benar,” Umar berkata, “Maka kami kaget terhadapnya, karena dia yang bertanya tapi dia juga yang membenarkannya.” Dia bertanya lagi, “Kabarkanlah kepadaku tentang iman?” Beliau menjawab, “Kamu beriman kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya, para Rasul-Nya, hari akhir, dan kamu beriman kepada takdir yang baik dan yang buruk,” dia berkata, “Kamu benar.” Dia bertanya, “Kabarkanlah kepadaku tentang ihsan?” Beliau menjawab, “Kamu menyembah Allah seakan-akan kamu melihat-Nya, dan jika kamu tidak melihat-Nya maka yakinlah sesungguhnya Dia melihatmu.” Dia bertanya lagi, “Kabarkan kepadaku kapan hari (kiamat) itu?” Beliau menjawab, “Tidaklah orang yang ditanya itu (saya) lebih mengetahui daripada orang yang bertanya (kamu).” Dia bertanya, “Kalau begitu kabarkanlah kepadaku tentang tanda-tandanya?” Beliau menjawab, “Apabila seorang budak wanita melahirkan majikannya, dan kamu melihat orang yang tidak beralas kaki, telanjang, miskin, penggembala kambing, namun bermegah-megahan dalam membangun bangunan.” Kemudian setelah itu dia beranjak pergi, dan aku tidak bertanya kepada Nabi tentang itu selama beberapa saat. Tidak berselang lama kemudian beliau bersabda, “Wahai Umar, apakah kamu tahu siapa penanya tersebut?” Aku menjawab, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui.” Beliau bersabda, “Itu tadi adalah jibril, dia mendatangi kalian untuk mengajarkan kepada kalian tentang agama kalian.” (HR. Muslim no. 8 )

Dari ‘Abdullah bin ‘Amru bin Al ‘Ash dia berkata: “Saya pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
كَتَبَ اللَّهُ مَقَادِيرَ الْخَلَائِقِ قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ بِخَمْسِينَ أَلْفَ سَنَةٍ قَالَ وَعَرْشُهُ عَلَى الْمَاءِ
“Allah telah selesai menuliskan takdir semua makhluk, lima puluh tahun sebelum Allah menciptakan langit dan bumi.” Beliau menambahkan, “Dan arsy Allah itu berada di atas air.” (HR. Muslim no. 4797)

Beriman kepada takdir merupakan salah satu dari rukun iman yang terpenting. Bagaimana tidak, orang yang tidak beriman kepada takdir akan terjatuh ke dalam banyak kesesatan seperti:
  1. Meyakini ada pengatur alam semesta selain Allah.
  2. berburuk sangka kepada Allah.
  3. Malas berusaha dalam kebaikan dunia dan akhiratnya.
  4. Sombong dan takabbur ketika mendapatkan apa yang dia inginkan.
  5. Putus asa dari rahmat Allah ketika gagal.
  6. Rusak tawakkalnya serta rusak kesabarannya, dan semacamnya dari dosa-dosa besar yang lahir akibat tidak beresnya keimanan kepada "takdir".

Beriman pada Takdir memiliki beberapa tingkatan antara lain:
  1. Tingkatan al-ilmu. Maksudnya kita harus meyakini bahwa Allah Ta’ala telah mengetahui takdir seluruh makhluk, baik secara global maupun terperinci, baik yang berkenaan dengan perbuatan Allah sendiri maupun perbuatan makhluk, baik yang terjadi di masa lalu, masa sekarang, maupun masa yang akan datang. Bahkan sesuatu yang tidak jadi terjadi, Allah Ta’ala mengetahui apa yang terjadi setelahnya seandainya sesuatu itu terjadi. Dan ilmu Allah akan takdir makhluk ini tidak ada awalnya.
  2. Tingkatan al-kitabah (penulisan). Maksudnya kita meyakini bahwa Allah Ta’ala telah selesai menuliskan takdir makhluk yang Dia ketahui itu ke dalam lauh al-mahfuzh, 50.000 tahun sebelum penciptaan langit dan bumi, sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Abdullah bin Amr di atas.
  3. Tingkatan al-masyi`ah (kehendak). Maksudnya kita meyakini apa yang Dia kehendaki pasti akan terjadi dan apa yang kita kehendaki jika Dia tidak kehendaki maka tidak akan terjadi. Karenanya ketika ada sebuah kejadian yang terjadi maka itu berarti Allah telah menghendakinya, karena seandainya Dia tidak menghendakinya niscaya sesuatu itu tidak akan bisa terjadi.
  4. Tingkatan al-khalq (penciptaan). Yakni kita meyakini bahwa semua makhluk, sifat-sifat mereka, perbuatan-perbuatan mereka, bahkan sifat diam dan bergeraknya mereka (dari gerakan sekecil apapun sampai gerakan yang besar), semuanya adalah ciptaan Allah Ta’ala.
Semua sekte yang sesat dalam masalah takdir dinamakan Qadariah, hanya saja yang ekstrim dalam menolak takdir dinamakan Qadariah, dan sekte ini terbagi lagi menjadi dua golongan, sedang yang ekstrim dalam menetapkan takdir dinamakan Jabriah, dan sekte ini juga terbagi dua. Karenanya secara umum ada 2 sekte yang sesat dalam masalah takdir ini:

1. Qadariah.
Sekte yang ekstrim dalam menolak takdir. Sekte ini terbagi menjadi dua:
  • Qadariah ghulah (ekstrim), yaitu yang mengingkari tingkatan pertama dan kedua dari tingkatan takdir di atas. Sekte ini pertama kali muncul di Bashrah (Iraq) di zaman Abdullah bin Umar -radhiallahu anhuma-. Hukum pelakunya adalah kafir keluar dari Islam, yang mana pengkafiran ini keluar langsung dari mulut Ibnu Umar tatkala beliau berkata: “Apabila kamu bertemu orang-orang tersebut, maka kabarkanlah kepada mereka bahwa saya berlepas diri dari mereka, dan bahwa mereka berlepas diri dariku. Dan demi Zat yang Abdullah bin Umar bersumpah dengan-Nya, seandainya salah seorang di antara mereka menginfakkan emas seperti gunung Uhud, niscaya sedekahnya itu tidak akan diterima hingga dia beriman kepada takdir baik dan buruk.” (HR. Muslim no. 8 )
Sebagian ulama ada yang menyatakan bahwa sekte ini sudah tidak ada zaman ini, alias punah.

  • Qadariah judud (neo Qadariah) atau dikenal juga dengan nama Mu’tazilah. Mereka ini sekte yang mengingkari tingkatan ketiga dan keempat. Hukum pelakunya tidak kafir, tapi dikategorikan ke dalam 72 golongan yang diancam masuk neraka.
2. Jabriah.
Sekte yang ekstrim dalam menetapkan takdir, sampai-sampai mereka meyakini bahwa seluruh makhluk itu tidak punya kehendak dalam perbuatannya, tapi Allahlah yang mengatur atau memaksa dirinya untuk berbuat. Sekte ini juga terbagi dua:
  • Yang meyakini al-jabr (pemaksaan dari Allah) secara lahir dan batin. Yakni mereka menyatakan bahwa semua niat, kehendak, dan juga amalan zhahir makhluk adalah paksaan dari Allah Ta’ala. Ini adalah mazhab Jahmiah yang telah dikafirkan oleh 500 orang ulama, sebagaimana yang dinukil oleh Imam Al-Lalakai dalam Syarh Ushul I’tiqad Ahlussunnah.
  • Yang meyakini al-jabr hanya dalam hal yang zhahir, tidak pada perkara batin. Hukumnya tidak kafir tapi juga dikategorikan ke dalam sekte bid’ah yang sesat.
Demikian keterangan ringkas mengenai takdir, pembahasan selengkapnya insya Allah akan datang pada tempatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...