Selasa, 10 Agustus 2010

Kesalahan yang selalu dilakukan dalam bulan ramadhan

Seumur hidup sudah berapa kali kita melakukan ibadah puasa di bulan ramadhan, mungkin sudah belasan dan bahkan udah puluhan kali melakukannya atau seperti jumlah bilangan umur kita. Namun dari penggemblengan dalam bulan ramadhan tidak berdambak banyak bagi tiap orang di luar ramadhan. Ramadhan berlalu tanpa makna yang membekas dan  terasa hambar tiap ramadhan. Tanpa disadari manusia telah banyak melakukan kebodohan dan banyak kesalahan yang tanpa disadarinya. Di antara kesalahan yang umum dilakukan  manusia berkaitan dengan bulan Ramadhan adalah:
  1. Tidak mengetahui "ilmu" mengenai syariat puasa serta tidak menanyakannya pada orang yang ahli. Mungkin hal ini dilakukan karena kebiasaan puasa ramadhan sejak kecil yang begitu-gitu saja tiap tahunnya. Padahal Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman, “Maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan, jika kamu tidak mengetahui.” (Qs. an-Nahl: 43). Dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa dikehendaki baik oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala, niscaya ia dipahamkan dalam urusan agamanya.” (HR. Muttafaqun ‘alaih).
  2. Menyambut bulan suci Ramadhan dengan hura-hura dan bermain-main (euforia tanpa makna). Padahal yang seharusnya adalah menyambut bulan yang mulia tersebut dengan dzikir dan bersyukur kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala, karena diberi umur bertemu kembali dengan bulan Ramadhan. Lalu hendaknya ia bertobat dengan sungguh-sungguh, kembali kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala serta melakukan muhasabah nafs (perhitungan dosa-dosa pribadi), baik yang kecil maupun yang besar, sebelum datang Hari Perhitungan dan Pembalasan atas setiap amal yang baik maupun yang buruk.
  3. Mendekatkan diri dan berusaha mengenal Allah hanya pada bulan Ramadhan saja. Sebagian orang, bila datang bulan Ramadhan mereka bertobat, shalat dan puasa. Tetapi jika bukan Ramadhan telah berlalu, mereka kembali lagi meninggalkan shalat dan melakukan berbagai perbuatan maksiat lagi. Alangkah celaka golongan orang seperti ini, sebab mereka tidak mengetahui Allah Subhanahu wa Ta'ala kecuali di bulan Ramadhan. Tidakkah mereka mengetahui bahwa Rabb bulan-bulan pada sepanjang tahun adalah satu jua? Bahwa maksiat itu haram hukumnya di setiap waktu? Bahwa Allah Subhanahu wa Ta'ala mengetahui perbuatan mereka di setiap saat dan tempat? Karena itu, hendaknya mereka bertobat kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan tobat nashuha (benar-benar tobat), meninggalkan maksiat, serta menyesali apa yang telah mereka lakukan di masa lalu. Selanjutnya, berkemauan kuat tidak mengulanginya di kemudian hari. Dengan demikian, insya Allah tobat mereka akan diterima, dan dosa-dosa mereka akan diampuni.
  4. Waktu dan kesempatan yang diberikan Allah digunakan dengan bermalas-malasan. Mereka beranggaan bahwa tidurnya orang puasa adalah ibadah, namun tidur yang bermakna ibadah itu yang seperti apa? Anggapan sebagian orang bahwa bulan Ramadhan adalah kesempatan untuk tidur dan bermalas-malas di siang hari, bergadang di malam hari.  Lebih disayangkan lagi, mayoritas mereka bergadang dalam hal-hal yang dimurkai Allah Subhanahu wa Ta'ala, berhura-hura, bermain yang sia-sia, menggunjing, adu domba dan sebagainya. Hal-hal semacam ini sangat berbahaya dan merugikan mereka sendiri. Sesungguhnya hari-hari bulan Ramadhan merupakan saksi taatnya orang-orang yang taat dan saksi maksiatnya orang yang ahli maksiat dan lupa diri.
  5. Sedih jika Ramadhan tiba. Sebagian orang ada yang merasa sedih dengan datangnya bulan Ramadhan dan bersuka cita jika keluar dari padanya. Sebab mereka beranggapan, bahwa bulan Ramadhan mengahalangi mereka melakukan kebiasaan maksiat dan menuruti syahwat. Mereka berpuasa sekadar ikut-ikutan dan toleransi. Karena itu, mereka lebih mengutamakan bulan-bulan lain dari pada bulan Ramadhan. Padahal ia adalah bulan penuh barakah, ampunan, rahmat dan pembebasan dari neraka bagi setiap muslim yang melakukan kewajiban-kewajibannya dan meninggalkan setiap yang diharamkan atasnya, mengerjakan segala perintah dan menjauhi segala yang dilarang.
  6. Mengisi malam-malam Ramadhan dengan hal yang dimurkai Allah. Banyak orang yang bergadang pada malam-malam bulan Ramadhan dengan melakukan sesuatu yang tidak terpuji, bermain-main, ngobrol, jalan-jalan atau duduk-duduk di jembatan atau trotoar jalan. Pada tengah malam mereka baru pulang dan langsung makan sahur dan tidur. Karena kelelahan, mereka tidak bisa bangun untuk shalat subuh berjamaah pada waktunya.
  7. Bergadang dengan sesuatu yang tidak bermanfaat. Padahal Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membenci tidur sebelum Isya’ agar dapat ngobrol setelahnya, kecuali dalam hal perbaikan. Dalam hadits Riwayat Ahmad, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak boleh berbincang-bincang kecuali bagi orang yang shalat atau bepergian.” (Hadits dihasankan as-Suyuti).
  8. Menyia-nyiakan waktu, padahal waktu adalah sesuatu yang sangat berharga. Setiap orang akan menyesali setiap waktu yang ia lalui tanpa diiringi dengan mengingat Allah Subhanahu wa Ta'ala di dalamnya.
  9. Menyegerakan sahur sebelum waktu yang dianjurkan, padahal Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan sahur pada akhir malam sebelum terbit fajar.
  10. Musibah terbesar mereka adalah tidak dapat mendirikan shalat berjamaah tepat pada waktunya. Terutama shalat subuh dan shalt isya' karena pahala Shubuh berjamaah menyamai shalat satu malam atau separuhnya. Hal ini sebagaimana disabdakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Barangsiapa shalat Isya’ berjamaah maka seakan-akan ia shalat separuh malam dan barangsiapa shalat Shubuh berjamaah, maka seakan-akan ia shalat sepanjang (satu) malam.” (HR. Muslim dari Utsman bin Affan radhiallahu ‘anhu).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...