Kamis, 04 Agustus 2011

Keistimewaan Bulan Ramadhan

Alhamdulillah, kita sudah memasuki bulan ramadhan. Peluang untuk mencapai takwa tak boleh kita abaikan sebagai mana di bulan puasa tahun yang lalu. Puasa tahun lalu mungkin kurang baik pelaksanannya. Mari kita perbaiki amal ibadah puasa dan amal ibadah yang lain di tahun ini.

Kita harus mencontoh rasulullah, menyambut ramadhan dengan senang hati. Bergembiralah saat menyambut ramadhan. Sungguh tak ada kabar gembira yang paling ditunggu kecuali tibanya ramadhan, bulan penuh berkah dari Allah. Bahkan berbagai persiapan menyambutnya sudah harus kita lakukan seperti dengan memperbanyak puasa sunah di bulan Sya'ban.

Ramadhan adalah bulan istimewa. Simak saja kabar penting dari Rasulullah berdasarkan Hadist riwayat Ibnu Khuzaimah, Nabi Muhammad pernah berkutbah pada akhir sya'ban tentang keistimewaan Ibadah puasa Ramadhan, "Wahai manusia, bulan yang mulia dan penuh berkah datang menaungi kalian.Suatu bulan yang di dalamnya terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang Allah telah menetapkan kewajiban puasa dan kesunahan qiyamul lail di dalamnya. Barang siapa mendekatkan diri kepada Allah dengan melakukan kebaikannya di dalamnya, maka dia bagaikan melakukan kewajiban di bulan lain. Barang siapa melakukan kewajiban di dalamnya, maka ia sama dengan orang yang melakukan tujuh puluh kewajiban di bulan lain. Ramadhan adalah bulan kesabaran dan pahala kesabaran adalah surga. Ia adalah bulan kedermawanan dan bulan bertambahnya rezeki bagi orang mukmin. Barang siapa memberikan makanan berbuka kepada orang yang berpuasa di bulan ini, maka itu berarti pengampunan terhadap dosa-dosanya dan pembebasan dirinya dari neraka serta mendapat pahala yang serupa dengan orang yang berpuasa tanpa berkurang sedikitpun."

Kemudian para sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, tidak semua diantara kami memiliki makanan berbuka untuk orang lain". Rasulullah menjawab, "Allah memberikan pahala ini kepada siapapun yang memberi buka (puasa) dengan sebiji kurma, seteguk air atau sehirup susu. Dialah bulan yang permulaannya adalah rahmat, pertengahannya adalah ampunan dan akhirnya adalah pembebasan dari neraka. Barang siapa yang memberikan beban yang lebih ringan kepada pembantunya pada bulan ini, maka allah memberikan pengampunan dan pembebasannya dari api neraka". 

"Dalam bulan ini perbanyaklah empat perkara: dua perkara yang kamu lakukan akan dapat mendatangkan keridhaan Tuhanmu dan du aperkara berikutnya adalah kebutuhanmu sendiri. Dua perkara pertama adalah syahadat bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan permohonan ampunan kepad aAllah. Sedangkan dua perkara berikutnya adalah memohon surga dan berlindung dari neraka. Barang siapa memberi minum kepada orang yang berpuasa, maka Allah akan memberinya minum dari telaga surga-Ku yang tidak akan merasakan haus lagi sesudahnya, sehingga dia masuk surga".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...