Jumat, 29 Juli 2011

Rangkaian kegiatan amal ibadah di bulan ramadhan

Amal ibadah puasa umat islam di bulan ramadhan  merupakan panggilan ibadah yang ditujukan kepada orang beriman. Seperti yang terkandung dalam Al-qur'an Surat Al-baqarah ayat 183, "Hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa". Dalil inilah sebagai dasar bahwa puasa di bulan ramadhan itu wajib bagi orang yang beriman. Jadi yang tidak beriman tidak terpanggil hatinya untuk melaksanakan puasa ramadhan.

Sebagai orang beriman kita perlu mengetahui rangkaian kegiatan amal ibadah yang di lakukan di bulan ramadhan. Hal ini perlu kita ketahui agar setelah ramadhan kita menjadi orang bertakwa. Rangkaian amal ibadah di bulan ramadhan antara lain, melaksanakan puasa dengan ketentuan syariat islam. Tidak makan dan tidak minum serta tidak melakukan hubungan badan dengan istri dengan batas waktu subuh sampai maghrib. Selain mengerjakan puasa diharuskan melaksanakan shalat 5 waktu dengan ketentuan tertib waktu. Memperbanyak shalat malam. Al-qur'an Surat 17 ayat 19, "Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji."

Selain melaksanakan puasa dan shalat, rangkaian amal ibadah di bulan ramadhan antara lain, memperbanyak infak dan shodaqoh. Hadist Rasulullah, "Rasulullah SAW ditanya tentang shodaqoh yang palin utama, beliau menjawab, shodaqoh di bulan ramadhan.".

Amal ibadah yang lain adalah membaca Al-qur'an dan mengkaji makna Al-qur'an supaya kita tidak menjadi orang yang merugi.. Seperti yang terkandung dalam Al-qur'an Surat Al-Baqarah; ayat 121, "Orang-orang yang telah Kami berikan Al Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya. Dan barangsiapa yang ingkar kepadanya, maka mereka itulah orang-orang yang rugi". Semoga kita dimudahkan Allah untuk dapat melaksanakan rangkaian amal ibadah di bulan ramadhan. Dan diberi istiqomah untuk melaksanakan amal ibadah yang lain di luar bulan puasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...