Kamis, 19 Mei 2011

Sedekah sebagai solusi Islam dalam mensejahterakan masyarakat

Zaman materialistis seperti saat ini, cara pandang manusia terhadap hidup ini selalu di ukur dengan uang dan materi. Tiap manusia berlomba untuk mendapatkan dan mengumpulkannya dan bahkan ada yang menimbunya seperti yang dilakukan oleh para konglomerat di negeri ini. Ironi memang, disatu sisi ada masyarakat  yang kekurangan & tidak memiliki harta yang cukup untuk keperluannya sehari-hari namun di sisi lain ada beberapa orang menimbun harta yang katanya untuk anak dan keturunannya. Jalan hidup Islam memiliki solusi yang terbaik untuk manusia agar terjadi pemerataan kesejahteraan melalui sedekah, infak dan zakat.

Dengan sedekah manusia diajak untuk tidak pelit dan berbagi rasa terhadap orang yang kekurangan. Haidist dari Hakim Ibnu Hazm Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Tangan yang di atas (pemberi) lebih baik daripada tangan yang di bawah (penerima); dan mulailah dari orang-orang yang banyak tanggungannya; dan sebaik-baik sedekah ialah yang diambil dari sisa kebutuhan sendiri, barangsiapa menjaga kehormatannya Allah akan menjaganya dan barangsiapa merasa cukup Allah akan mencukupkan kebutuhannya." Muttafaq Alaihi dan lafadznya menurut riwayat Bukhari.

Banyak cara untuk sedekah kalau memang belum terbiasa untuk sedekah manusia akan enggan untuk mengeluarkan hartanya walaupun sedikit. Rasullullah Muhammad sebagai tauladan terbaik umat islam sering mencontohkan cara sedekah walaupun dengan hanya sebiji buah kurma. Kalau dalam hati manusia memiliki sifat pelit dan tamak, dia tak akan mau bersedekah dengan sebiji kurma. Banyak hadist mengenai keutamaan sedekah dan hadist contoh sedekah namun masih banyak masyarakat yang enggan mempraktekkan sedekah ini.

Dalam beberapa hadist yang menerangkan cara sedekah. Apapun juga dapat dijadikan sedekah, sedekah tak harus juga dengan sedekah uang tapi sedekah dapat berupa tenaga, berbagi ilmu, bahan makanan, makanan yang siap dimakan dan pakaian layak pakai. Bahkan ada sedekah yang termudah yang pernah dicontohkan rasullulah yakni sedekah berupa senyum yang tulus tanpa tendensi.

Jumlah manfaat sedekah sangatlah banyak. Salah satu manfaat sedekah adalah agar menghalangi kita dari api neraka. Apabila sedekah dilakukan dengan ikhlas maka dapat menghindarkan dari musibah dan bencana yang akan terjadi pada kita. Jangan ragu untuk melakukan sedekah, berilah yang terbaik untuk hal ini.

Hadist dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Tujuh macam orang yang akan dilindungi Allah pada hari yang tidak ada lindungan kecuali lindungan-Nya.  Kemudian ia menyebutkan hadits dan didalamnya disebutkan - orang yang bersedekah dengan sedekah yang ia tutupi sehingga tangannya yang kiri tidak mengetahui apa yang dikeluarkan oleh tangan kanannya." Muttafaq Alaihi. Keutamaan sedekah agar menghilangkan penyakit hati manusia. hati manusia akan lebih lembut karena apa yang dilakukan merupakan wujud nyata perhatian keadaan orang dan untuk berbagi kesenangan dunia dengan orang lain. Ayo mari lakukan sedekah sejak ini.



2 komentar:

  1. Islam itu sempurna dan menjadi solusi bagi kesejahteraan. tapi yang penting sekarang aksi nyata di setiap komunitas Muslim untuk melaksanakannya dengan merujuk apa yang telah dilakukan Nabi SAW, Khalifah Abu Bakar, Khalifah Umar bin Khattab dan Umar bin Abdul Aziz sebagai rujukan tanpa menunggu hadirnya sebuah negara Islam.

    BalasHapus
  2. semoga tauladan rasulullah masih banyak yang menerapkannya
    trims atas pengetahuannya :-)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...