Rabu, 12 Mei 2010

Janganlah Berputus asa karena kesulitan hidup

Setiap manusia ditakdirkan Allah selalu berkeluh kesah, himpitan jiwa karena kesulitan hidup yang menyebabkannya. Berputus asa merupakan perbuatan orang yang mudah menyerah karena merasa dirinya kurang mampu. Kegagalan serta himpitan hidup yang menimpa manusia, tak ubahnya seperti terpaan hujan dan panas yang akan merapuhkan asa dan harapan manusia. Padahal kita harus memerlukan tali pegangan yang kuat sebagai pedoman agar tetap melangkah dalam mengarungi bahtera kehidupan di dunia yang sementara ini. Namun kegagala beserta kesulitan membuat tali asa yang terancam putus. Padahal apabila putus, jiwa dan raga akan berhenti bergerak hingga akhirnya membuat manusia jatuh dan terhempas dari gerak roda kehidupan.

Oleh sebab itu, sebagai seorang muslim kita hendaknya pantang menyerah dan pantang berputus asah. Bahkan pada saat seluruh penjuru arah tak menyisahkan celah sedikitpun untuk berharap janganlah patah arang. Ingatlah hidup di dunia hanya sebentar dan sementara sedangkan kehidupan yang kekal abadi kelak di akhirat. Karena Rasullullah bersabda, "Janganlah salah satu dari kamu meminta mati karena kesulitan hidup yang menimpanya". (HR. Bukhari-Muslim) 

Agar kita tidak mudah berputus asah harus banyak mendekatkan diri pada Allah dengan shalat , berdzikir dan banyak beerdoa. Apabila perlu ucapkan doa sebagai berikut untuk mengharapkan berkah dari Allah, "Ya Allah panjangkanlah umurku kalau memang hidup lebih baik bagiku dan matikan aku manakala memang kematian lebih baik bagiku". (HR. Bukhari-Muslim)

2 komentar:

  1. selamat pagi,...

    makasih share ilmunya,insyallah bermanfaat ^^

    BalasHapus
  2. harus banyak tahu kehidupan orang yang dianggap kita bahagia,bagaimana sebenarnya yang ia jalani,selalu bahagiakah? atau ada susahnya juga?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...