Senin, 29 Maret 2010

Do'a keluar rumah dan Masuk rumah

Ketika hendak mengawali semua aktifitas hendaknya kita selalu ingat pada Allah dan selalu kita isi hari kita dengan do'a yang penuh harap pada Allah.  Demikian juga di saat kita hendak keluar rumah hendaklah selalu membaca do'a keluar rumah berdasarkan tuntunan dari Rasullullah Muhammad SAW. Karena memiliki "suri tauladan yang baik bagi manusia dalam menjalani hidup ini. 

Berikut merupakan do'a keluar rumah yang dapat anda amalkan sehari-hari:  "Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi". Artinya : Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja. (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Baiti Jannati ungkapan ini mengandung makna rumahku  surgaku. Rumah ibaratnya surga berarti kita hendaknay juga penuh harap berdo'a ketika memasuki dan keluar rumah. Do'a tersebut disamping sebagai ladang ibadah juga merupakan etika yang baik. Jangan lupa setelah berdo'a seyogyanya mengucapkan salam pada orang yang ada di dalam rumah baik anda hengdak bepergian maupun pulang ke rumah.

Berikut merupakan do'a keluar rumah yang dapat anda amalkan sehari-hari: "Assalaamu ‘alaynaa wa ‘ alaa ‘ibaadillahish shaalihiina. Allaahumma innii as-aluka khayral mawliji wa khayral makhraji. Bismillahi walajnaa wa bismillaahi kharahnaa wa ‘alallahi tawakkalnaa, alhamdulilaahil ladzii awaanii". Artinya : Semoga Allah mencurahkan keselamatan atas kami dan atas hamba-hamba-Nya yang shalih. Ya Allah, bahwasanya aku memohon pada-Mu kebaikan tempat masuk dan tempat keluarku. Dengan menyebut nama-Mu aku masuk, dan dengan mneyebut nama Allah aku keluar. Dan kepada Allah Tuhan kami, kami berserah diri. Segala puji bagi Allah yang telah melindungi kami. (HR. Abu Daud)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...