Rabu, 18 Maret 2015

Muhasabah Diri Agar Sabar & Tak Mudah Marah

Muhasabah Diri Agar Sabar & Tak Mudah Marah. Renungan untuk kita semuanya. Suatu hari ada seorang ibu yang bersifat pemarah dan sering memarahi anaknya. Dia bertekad untuk mengurangi marahnya. Ibu tadi datang menemui Sang Kakek bijak, setelah mendengarkan semua cerita si ibu. Sang kakek bijak memberikan sekantong paku dan mengatakan pada si ibu itu untuk memakukan sebuah paku di pagar belakang setiap kali dia marah.

Hari pertama ibu itu telah memakukan 48 paku ke pagar setiap kali dia marah. Secara bertahap jumlah itu berkurang tiap harinya. Si Ibu mendapati bahwa ternyata lebih mudah menahan amarahnya daripada memakukan paku ke pagar. Akhirnya tibalah hari, di mana ibu tersebut merasa bisa mengendalikan amarahnya secara penuh dan tidak lagi cepat kehilangan kesabarannya.

Si Ibu memberitahukan hal ini kepada sang Kakek bijak. Kakek mengusulkan agar dia mencabut satu paku untuk setiap hari penuh dimana dia tidak marah. Hari-hari berlalu dan si ibu itu akhirnya memberitahu sang kakek bijak bahwa semua paku telah tercabut olehnya. "Lalu sang kakek menuntun ibu tersebut ke pagar..……."Hmm....? Kamu telah berhasil dengan baik anakku. Namun lihatlah lubang-lubang bekas paku ini, kayu pagar ini tidak akan pernah bisa mulus bersih sama seperti sebelumnya. Ketika kamu mengatakan sesuatu dalam kemarahan pada anakmu."

Kata-katamu meninggalkan bekas seperti lubang ini di hati anakmu dan orang lain. Kamu dapat menusukkan pisau pada seseorang, lalu mencabut pisau itu... tetapi tidak peduli beberapa kali kamu minta maaf.... Luka itu akan tetap ada. Dan tahukah kamu bahwa luka karena kata-kata adalah sama buruknya dengan luka fisik bahkan lebih sakit lagi karena terus tersimpan di batin bawah sadar anakmu.

Semoga setelah membaca renungan ini kita menjadi Hamba Allah yang sabar & tak mudah marah.Muhasabah Diri Agar Sabar & Tak Mudah Marah. Redam marah dengan Sabar & Shalat. Semoga Allah selalu menuntun kita ke jalan yang benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...