Kamis, 30 Maret 2017

Makna Arti Barokah Bagi Muslim

Apa arti barokah bagi muslim.Barokah adalah kata yang diinginkan oleh hampir semua hamba yang beriman, karenanya orang akan mendapat limpahan kebaikan dalam hidup. Arti Barokah bukanlah cukup dan mencukupi saja. Tapi barokah ialah bertambahnya ketaatanmu kepada Allah dengan segala keadaan yang ada, baik berlimpah atau sebaliknya.

Barokah itu adalah "Albarokatu tuziidukum fi thoah. Barokah yang menambah taatmu kepada Allah. Hidup yang barokah. Bukan hanya sehat, tapi sakit itu justru barokah. Sebagaimana Nabi Ayyub, sakitnya menambah taatnya kepada Allah.

Barokah itu tak selalu panjang umur. Ada yang umurnya pendek tapi dahsyat taatnya layaknya Musab ibn Umair. Tanah yang barokah. Itu bukan karena subur dan panoramanya indah. Justru karena tanah yang tandus seperti Makkah punya keutamaan di hadapan Allah. Tiada yang menandingi.

Makanan barokah itu bukan yang komposisi gizinya lengkap. Tapi makanan itu mampu mendorong pemakannya menjadi lebih taat setelah makan.

Ilmu yang barokah, itu bukan yang banyak riwayat dan catatan kakinya. Tapi yang barokah ialah yang mampu menjadikan seorang meneteskan keringat dan darahnya dalam beramal dan berjuang untuk Agama Islam. Barang siapa yang mengajarkan satu ilmu dan orang tsb mengamalkannya maka pahala bagi orang yang memberikan ilmu tsb tanpa mengurangi pahala orang yang mengamalkan ilmu tsb. (HR. Bukhori Muslim)

Penghasilan barokah, juga bukan gaji yang besar dan bertambah. Namun sejauh mana ia bisa jadi jalan rizqi bagi manusia yang lainnya dan semakin banyak orang yang terbantu dengan penghasilan tersebut.

Anak-anak yang barokah, bukanlah saat kecil mereka lucu dan imut atau setelah dewasa mereka sukses bergelar dan mempunyai pekerjaan dan jabatan hebat. Namun anak yang barokah ialah yang senantiasa taat kepada Rabb-Nya dan kelak di antara mereka ada yang lebih shalih dan tak henti-hentinya mendo'akan kedua Orang tuanya di dsetiap Shalat.

Semoga segala aktifitas kita hari ini barokah .. Aamiin Yaa Robbal Alamin.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...