Senin, 23 Maret 2015

Muhasabah Dampak Senang Beribadah Karena Allah

SubhanAllah walhamdulillah sahabat sholehku, apa khabar? Semoga kalian hari ini dalam berkah Allah selalu...aamiin. Rasulullah bersabda, "Ad Diinu an nashihah" agama itu nasehat. Karena saya senang dinasehati dan senang pula menyampaikan nasehat, saling menasehati dalam kebenaran, dalam kesabaran dan dalam berkasih sayang.

Ini ada renungan untuk kita semua sesama muslim, semoga bermanfaat. Ketahuilah sahabatku, bahwa hamba Allah yg selalu berzikir itu sangat senang beribadah, senang sholat di awal waktu, berjamaah, di mesjid, senang sholat tahajjud, sholat dhuha, jaga wudhu dst. Jika kita senang ibadah maka akhlak kita pun menjadi mulia, ikhlas, sabar, syukur, waro' (sangat taat dan berhati hati dg Syariat Allah), zuhud (cari dunia untuk akhirat).

Jika senang ibadah maka kita pun semangat beramal sholeh, berikhtiar mencari rizki yg halal, dermawan, shilaturahm dst. Kalau senang ibadah maka kita pun senang berda'wah mengajak saudaranya untuk selalu taat dan selalu mengingatkan dahsyatnya suasana akhirat. Kalau senang ibadah maka iapun berani berjihad.

Hatinya terpaut bersama para mujahidin dalam harakah Syariat Allah. Karena itu zikir dan jihad tidak dapat dipisahkan. "Hai hamba hamba Allah yang beriman jika kalian menjumpai musuh yang menyerang kalian, hadapilah dg segala kekuatan kalian dan teruslah berzikirlah kepada Allah niscaya kalian akan menang" (QS Al Anfal 45).

Kalau senang ibadah maka kita pun sibuk asyik muhasabah dirinya, "Tiada yang paling aku sukai kecuali perbaikan dan kebaikan (QS Hud 88).
Karena itulah zikir, ibadah, akhlak, amal sholeh, da'wah, jihad dan muhasabah diri adalah kesatuan utuh yg memang dapat dibedakan tetapi tidak dapat dipisahkan.  Sumber: Ustd Arifin Ilham.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...