Jumat, 08 Juli 2011

Tetap semangat dalam kegagalan dan himpitan hidup

Kegagalan dan himpitan hidup yang menimpa tiap individu manusia tak hayal seperti terpaan hujan badai serta panas yang menyengat yang dapat merapuhkan semangat, asa dan harapan manusia. Padahal kita semua memerlukan tali asa dengan semangat yang kuat untuk menarik diri agar tetap berdiri tegak berjalan dalam mengarungi kehidupan di dunia yang fana ini.

Namun kegagalan demi kegagalan dan kesulitan yang menghimpit hidup telah menjadikan tali asa terancam pupus dan putus. Padahal jika semangat pupus-putus, jiwa raga akan berhenti bergerak hingga akhirnya jatuh terpurukdan terhempas. Sebagai muslim hendaknya tetap semangat dalam kegagalan dan himpitan hidup

Jika tiap muslim mengalami hal ini, cobalah berhenti sejenak untuk cooling down. Yang telah terjadi biarlah berlalu, tatap kedepan dengan semangat dengan menata hati untuk memperbaiki diri. Kita memerlukan management tombo ati (management obat hati) dengan cara tawakal kepada Allah. Hidup dan mati kita serahkan hanya pada Allah. Manusia hanya berdo'a dan berusaha. Ingatlah berdo'a lah dulu sebelum berusaha. Untuk hasil yang kita dapatkan itu bukanlah hal penting, hasil akhir adalah hal terbaik yang diberikan Allah untuk kita.

Karenanya sebagai muslim pantang untuk menyerah apalagi putus asa dan bahkan pada saat seluruh penjuru dunia tak menyisahkan celah untuk kita berusha dan berharap. Jangan pernah berputus asa dari rahmat Allah. Dalam suatu hadist rasul, Nabi Muhammad bersabda, "Janganlah salah satu dari amu meminta mati karena kesulitan hidup yang menimpanya". Sebagai muslim harus selalu tetap semangat dalam kegagalan dan himpitan kehidupan. Jika perlu ucapkanlah doa sebagai berikut, doa yang pernah diajarkan rasulullah dalam suatu hadist sahih. Nabi Muhammad bersabda, "Ya Allah panjangkanlah umurku kalau memang hidup adalah lebih baik bagiku dan matikanlah aku manakala memang kematian lebih baik bagiku"
 (HR Bukhari-Muslim).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...