Rabu, 03 Februari 2010

Do'a sebelum tidur dan sesudah tidur

Kita manusia sebagai makhluk Allah yang lemah seharusnya selalu ber- do'a sebelum  tidur dan sesudah tidur. Tidur merupakan proses alami tubuh dan merupakan salah satu nikmat yang diberikan Allah pada manusa, diamana dalam tidur merupakan istarahat terbaik bagi anggota tubuh kita.  Setelah tidur tubuh jadi fress dan siap memulai aktifitas baru kita. Apabila tubuh ada trouble coba atasi dengan tidur karena dalam tidur tubuh mengalami tune-up yang sistematis dan otomatis. 

Kita seharunya selalu mengingat Allah dalam setiap kesempatan, mulai dari tidur sampai tidur lagi.  Dengan tidur, Allah menunjukkan kebesarannya dan manusia adalah makhluk yang lemah karena mengantuk dan perlu tidur. Di dunia ini tidak ada makhluk yang tidak perlu tidur, ini merupakan kelemahan manusia, karena tidak ada yang dapat disombongkan dalam diri ini karena harus perlu tidur. Dengan ber- do'a sebelum  tidur dan sesudah tidur berarti kita selaku hamba Allah selalu mengingat Allah selaku Rab kita. Adapun do'a yang berkaitan dengan tidur sebagai berikut :
  • Do’a Sebelum Tidur: "Bismikallahhumma ahyaa wa bismika amuut."     Artinya: Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati. (HR. Bukhari dan Muslim)
  • Do’a Sesudah Bangun Tidur: "Alhamdulillaahil ladzii ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilayhin nusyuur."   Artinya : Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami setelah mematikan kami. Kepada-Nya-lah kami akan kembali (HR. Bukhari)
Di dalam tidur terkadang kita terbangun saat tengah malam entah karena mimpi buruk atau karena kondisi tubuh yang kurang sehat atau karena hanya ke kamar mandi saja. Ketika kita bangun seharusnya tetap ingat pada Allah diiringi dengan memanjaatkan do'a entah karena mimpi ataupun terkejut. Kalau memungkinkan lebih baik anda shalat malam walaupun satu rakaat yaitu mengerjakan shalat witir.
  • Do’a Terkejut Bangun Dari Tidur: "A’uudzu bikalimaatillahit tammaati min ghadhabihi wa min syarri ‘ibaadihi wa min hamazaatisy syayaathiini wa an yahdhuruuni."        Artinya : Aku berlindung dengan kalimah Allah yang sempurna dari kemarahan Allah dari kejahatan hamba-hamba-Nya dan dari gangguan setan dan dari kehadiran mereka (HR. Abu Daud dan Tir-middzi)
  • Do’a Mimpi Baik: "Alhamudlillaahirrabbil ‘alamiina."     Artinya : Segala puji bagi Allah Tuhan sekalian alam (HR. Bukhari)
  • Do’a Mimpi Tidak Baik:  "Allaahumma innii a;uudzu bika min ‘amalisy syaythaani, wa sayyi’aatil ahlaami."      Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan setan dan dari mimpi-mimpi yang buruk (HR. Ibn as-Sani)
  • .Do’a Sesudah Duduk Bangun Tidur: "Laa ilaaha illaa anta subhaanaka allahuma zidnii ‘ilman wa laa tuzigh qalbii ba’da idz hadaitanii wa hablii min ladunka rahmatan innaka antal wahhaabu."   Artinya : Tidak ada Tuhan melainkan Engkau, maha suci Engkau ya Allah, aku minta ampun kepada-Mu tentang dosa-dosaku, dan aku mohon rahmat-Mu tentang dosa-dosaku, dan aku mohon rahmat-Mu. Ya Allah, tambahlah ilmuku dan janganlah Engkau gelincirkan hatiku setelah Engkau memberi petunjuk kepadaku, dan karuniakanlah rahmat untuk-ku daripada-Mu, sesungguhnya Engkaulah yang maha Memberi. (HR. Abu Daud)


8 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  2. Thx..
    alhamdulillah..
    ini Sangat bermanfaat bagi saya..
    Segala puji bagi Allah..
    :-D :-D :-D :-D

    BalasHapus
  3. ada saat saya takut dan gelisah ketika masuk waktu tidur dan kemudian mencari kesibukan hingga lelah dan berharap tertidur dengan sendirinya karena terkadang saya takut bila tidur kemudian meninggalkan dunia karena lupa cara bernapas, dengan berdoa kuserahkan kupercayakan cara kerja tubuh ini kepada pemiliknya yaitu ALLAH SWT. Terima kasih atas postingannya hanya ALLAH yang akan membalas kebaikan anda :)

    BalasHapus
  4. manntab sekali gan info nya.. thanks. smoga bermanfaat

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...